google-site-verification: googlef5bfa2421d00dca0.html AULIA ADVERTISING: Iklan Yang Dapat Mempengaruhi

Jumat, 05 Juli 2013

Iklan Yang Dapat Mempengaruhi


Iklan Citra Yang Dapat Mempengaruhi
Mengapa kita begitu sulit mengungap bagaimana iklan menpengaruhi kita, tentu karena model iklan itu mampu membujuk kita. Kita lebih sering sering termakan efek(major effect)  utamanya daripada effek halusnya (efek minor). Iklan akan memiliki efek besar dan sedang apabila si pemasang iklan memiliki sesuatu yang baru untuk disampaikan. Akan tetapimkurangnya persuasi menjadikan sebagaian besar efek iklan kurang efektif. Masalah minor ini memang tidak begitu tampak, namun itu semua karakteristik cara iklan tersebut berkerja. Untuk memahami dunia iklan kita harus mengetahui dan mampu mengukur efek-efek itu. Ketika anak-anak itu tumbuh dewasa, kita tidak mungkin memperhatikan pertumbuhan fisik mereka setiap hari. Namun seiring waktu berjalan, kita menjadi sadar bahwa mereka telah menjadi tumbuh dewasa.
Mengamati setiap hari sebagai banyak seorang anak telah tumbuh ibarat mengevaluasi pengaruh yang timbul oleh sebuah iklan tunggal. Kasus tersebut barang kali terlalu kecil. Namun apapun, efek iklan dapat mempengaruhi merek mana yang akan kita pilih, khususnya ketika semua factor lain sama serti merek-merek anternatifnya juga tidak banyak beda.
Evaluasi pilihan-pilihan
Sagat mudah dalam memahami hal ini dalam suatu pembelian yang memiliki keterlibatan rendah. Seperti  sebuah timbangan bertiang (beam balance) dimana setiap merek memiliki bobot sama. Dengan satu merek masing-masing sisi maka sekalanya jadi seimbang. Jika ada perbedaan timbangan, barangkali tidak lebih dari bobot selembar bulu. Disini,  konsumen merek berarti ada dalam pilihan merek yang mirip. Berarti mencari efek iklan seperti selembar bulu tadi. Bukan bobot timbangannya.
Jika pembelian motor, mobil dan alat perlengkapan lainnya, berarti memerlukan keterlibatan yang tinggi ( high involment), sebaliknya membeli keperluan lain seperti sampoo, minuman, margarine berate hanya memerlukan keterlibatan rendah (low involment). Jika keterlibatan rendah sagat mudah apalagi banyak yang mirip, jika yang kita cari tidak ada kita dengan mudah dan banyak pilihan yang lainnya. Beda halnya jika kita keterlibatan tinggi, dengan harga menenggah dan kualitas  premium dengan harga yang tinggi. Sering kali kita terjebak dengan situasi tanpa keputusan pilihan itu. Sagat beda sekali jika produk yang tinggi, bukan sekedar mencari bedanya selembar bulu. Membuat kita memikirkan timbangan itu dengan kualitas, ukuran dan kekuatan. Caontoh konkrit missal iklan mobil penumpang kecil(compact car)memiliki persepsi positif dan  lebih cocok di hubungkan dengan hemat bahan bakar. Jika dikaitkan dengan kenyamanan penumpang tetunya memiliki persepsi negative. Maka bagai mana kita bisa melihat hal ini, sebuah perusahaan harus memperhatikan situasi kondisi mental , namun juga kepada perspektif.
Pengulangan
Sama seperti pertumbuhan seorang anak-anak kita dari hari kehari, kita juga kurang memperhatikan perkembangan yang terjadi padaiklan. Sering kali kita tidak memperhatikan hal yang kecil seperti pengulangan(repetition), pada hal kenyataanya hal yang kecil kadang-kadang bagus untuk di ulangan, ini diharapkan dapat membuka kesadaran  akan pentingnya hal-hal yang kecil itu. Pengulang lebih membuat akrap dengan sebuah klaim,  akan tumbuh klaim itu menjadi kebenaran karena di ulang-ulang. Maka efek pengulangan ini disebut efek kebenaran. Kita akan berpikir bahwa suatu yang tidak benar/kebohongan kemungkinan besar akan sulit terima pasti akan ditolak. Jika diulang terus menerus akan menjadi bukti kebenaran. Akan terjadi efek kumulatif pengulangan menjadikan sesuatu seorah –olah kebenaran. Klaim-klaim tersebut ibarat bulu yang berterbangan. Barang kali kita heran mengapa para pemasang iklan tetap mengulangi iklan yang sama. Kita akan berpikir bahwa iklan itu monoton dari waktu ke waktu, walau perubahanya sedikit demi sedikit yang hanya mampu menciptakan perbedaan-perbedaan yang sagat tipis(marjinal).  Namun dari yang marjinal itu akan menjelma yang sagat besar.  Karena telah menjaga keseimbangan merek yang diiklankan. Inilah hakrkat ,”mengiklankan citra,” yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar