google-site-verification: googlef5bfa2421d00dca0.html AULIA ADVERTISING: Soal: Cara mengobati tenggorokan yang sakit akibat menelan duri ikan

Sabtu, 20 Juli 2013

Soal: Cara mengobati tenggorokan yang sakit akibat menelan duri ikan


Cara mengobati tenggorokan yang sakit akibat menelan duri ikan
Saur pertama pada puasa tahun ini ramadhan 1434 H, istri saya beli iklan lele yang agak besar-besar dan lalapan lele,  karena buru-buru waktu mau imsyak, maka saurnya juga buru-buru sehingga tak terasa duri halus ikut tertelan. Terasa – terasa setelah selesai saur masih ada yang rasa nyangkut sampai beberapa hari dan saya cari-cari apa cara ngatasi dari mbah google dan nyai yahoo….
Semua tips sudah saya coba tapi ya masih ga mau ilang. Sampai semua badan terasa ikut meriang, apa lagi dalam kondisi puasa awal-awal puasa.  Bahkan sampai  makanan yang sdh ditelan akhirnya dimuntahkan semua guna mngeluarkan duri.  wal hasil duri tetap terasa…...
Semua resep dari mbah google dan nyai yahoo ku coba cemuanya, ini semua resepnya dari :
Tips yang udah ane lakuin untuk menghilangkan duri yang nyangkut ditenggorokan ane neh:
  1. Nasi anget yang udah di unyet-unyet berbentuk bola ditelen langsung tanpa dikunyah. Nasinya di gilas dulu ya gan sampai lumat biar lambung ente2 ga' bekerja ekstra. Trus diameter unyetan nasi td ya menyesuaikan mulut ente  masing-masing.
  2. Makan buah pisang sebanyak-banyaknya sampai tu duri ikut kunyahan pisang n masuk ke lambung untuk dihancurkan. Cayoo !!!
  3. Minum Air putih sekembung-kembungnya dengan menegak agak kenceng. Ya ibarat klo disungai ada sampah nyangkut di glontor air kan pada hanyut juga.. hehehe.. (emangnye tenggorokan ente bak sungai..wakkkk.. piss gan)
  4. Rogoh pake jari ente ke bagian tu duri nyangsang di tenggorokan ente. Awas hati-hati jangan sampe salah rogoh, nnti jangan-jangan yg ente ambil malah sentilnya. bisa brabe tu. Klo ente nglakuin yg ini dijamin deh ente bakal dogap alias mukok bin muntah. Huuuegh...Waspadalah!!
  5. Bertahan untuk sabar, karena duri yang nyangkut di dalam usus atau tenggorokan lama-kelamaan akan luluh akibat terkena enzim-enzim penghancur dalam tubuh kita gan. Ampuh juga ye senjata / tenaga dalam kita. Klo di film kesatria baja hitam mungkin harus nyebut n berteriak " Senjata Penghancur duri "... hahahahaha...
  6. Siapin kasur/busa/ apa ajalah yang penting empuk untuk sandaran kepala. Gunanya nnti ente2 pada jungkir balik dengan kepala dibawah n kaki diatas. Fungsinya biar si duri kembali jatuh ke mulut dan bisa ente kluarin langsung. Hajar tu duri kalo dah kluar.. kaya pencuri aje main hajar. Padahal di saluran pencernakan kita kan ada sistem gerak peristaltik ya.. wah gimana nih...??
  7. Konsultasikan ke ahlinya bisa ke dokter THT atau ke dokter di Rumah Sakit ternama di kota Anda.
  8. Berkumur dengan air garam
    Berkumur dengan air garam dapat mengurangi radang pada tenggorokan. Kenapa? Karena garam dapat menarik air keluar dari membran sel, sehingga cukup efektif mengurangi bengkak dan peradangan akibat sakit tenggorokan. Cara menggunakannya: tambahkan setengah sampai satu sendok teh garam untuk secangkir air hangat, dan berkumur dengan air campuran ini setidaknya sekali setiap jam.
  9. Cuka sari apel
    Meski tidak bisa menemukan bukti ilmiah tentang cara kerjanya, tetapi banyak orang mempercayai khasiatnya. Cara menggunakan: Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air hangat, kemudian dikumur dan telan.
  10. Resep dari Ayah pada saat duri ikut tertelan: oleskan minyak (boleh minyak telon atau minyak kelapa) di tulang ekor, trs agak dipijat sedikit. oleskan jg di kedua lutut dan kedua mata kaki... kemudian tidur. InsyaAllah bangun tidur durinya sdh ga akan terasa lagi di tenggorokan..
    Sy sdh nyoba 2x Alhamdulillah manjur...
Tapi  ternyata tetap saja blm ada hasilnya...
Dalam keadaaan bingung, saya Tanya sono sini, tak coba semua akhirnya sami mawon boten enten hasil.
Akhirnya saya biarin aja saking stressnya, beberapa hari kemudian  sembuh dengan sendirinya, walapun sudah lega tapi nyesek juga harus lewati beberapa hari…..alah-alah mak…
Ternyata ada hikmahnya dibalik semuanya, apa yaitu disuruh sabar. Saya kebetulan dapet sebuah  selebaran dimasjid, bahwa jika seorang muslim sakit (tertusuk duri) itu akan menghapus dosa. Memang saya pikir yang paling utama atau wajib bagi seorang muslim jika sakit adalah sabar. Ini ada tuntunan yang syar’I bagi kita yang sedang kena musibah sakit,  pertama adalah tetap sabar. Kedua adalah perlu dipahami bahwa berobat adalah sunnah, ketiga adalah jika kita sabar balasanya sorga, dan sebagai penghapus dosa, keempat perbanyak membaca doa nabi ayub AS.
Jika kebanyakan orang mengatakan bahwa sabar adalah ada batasnya adalah salah besar. Karena sabar laksana cahaya, sabar sentuhan pertama bagi siapa saja yang sedang kena musibah, sabar urusan hati, ridho atas ketetapan Allah (qodho). Disaring dari hadis rasulullah, riwayat ‘atho Ibn  Abi Rabbah, tentang peristiwa wanita  yang sering sakit ayan dan tersingkab bajunya..selanjutnya disebut wanita ahli surge karena sabar. Semoga bermanfaat….

16 komentar:

  1. Ane juga lg guling2an gan dah 3minggu duri lele nancep d tenggorokan.d bawa k dokter g nemu durinya.mlh sariawan parah gara2 ane rojok2 pake jari ma bulu sikat gigi.segala macam dah ane coba ampe minum jelly gamat,madu arab tetep sakit tiap nelen.akhirnya pasrah aj ampe skrg semoga lepas sendiri durinya.

    BalasHapus
  2. saya tersiksa gan
    sampe berdarah

    BalasHapus
  3. Sampe dalam telingapun sakit.

    BalasHapus
  4. Sampe dalam telingapun sakit.

    BalasHapus
  5. Sudah coba tapi tetap ngk bisa

    BalasHapus
  6. Saat ini saya sdg mengalaminya..mashaallah..semoga Allah SWT..mnyembuhkanku amiin

    BalasHapus
  7. Saya juga gan abis makan sosis tu sisa tusuk bambunya malah nyangkt subhanallah ampek muntahpun ttep aja masih nyangkut... Mngkin emng d sruh sabar tu admin bner juga yaa.. Ya udalah sabar aja ikut abang admin byar cpet smbuh .... Amiiinnn๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

    BalasHapus
  8. Saya juga gan abis makan sosis tu sisa tusuk bambunya malah nyangkt subhanallah ampek muntahpun ttep aja masih nyangkut... Mngkin emng d sruh sabar tu admin bner juga yaa.. Ya udalah sabar aja ikut abang admin byar cpet smbuh .... Amiiinnn๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

    BalasHapus
  9. Saat ini pun saya merasakan hal yg sama br kmren n udh lakuin segala cara tp blm hilang jg n usaha terakhir yah sabar insya allah bakal hilang cm anehX krn otot tngan kanan saya ikut sakit n di gerakkin pun sakit

    BalasHapus